Teknik Informatika: Lebih dari Sekadar IPK

5:52 AM 0 Comments A+ a-

Menyambung tulisan “Bijak Mengambil Jurusan Teknik Informatika”, saya hanya menceritakan seputar dunia programming untuk Teknik Informatika (selanjutnya akan saya singkat ‘IF’). Di sini, saya akan menceritakan apa sebaikanya yang harus kamu lakukan semasa kuliah, dan sedikit bayangan setelah lulus. Mari kita mulai.

Halo, (calon) mahasiswa baru!

“Wah, akhirnya lepas dari orang tua nih. Akhirnya bebaass!”
Adik-adik yang saya cintai, ingatlah bahwa orang tuamu berharap kamu menjadi  orang yang sukses selepas masa kuliah. Ada yang membebaskan pilihan anaknya, ada yang dipaksa orang tua, ada yang harus berdebat untuk meyakinkan bahwa jurusan ini berprospek baik bagi masa depan. Jadi, jangan buang-buang duit orang tuamu dan belajar bertanggung jawab ya, Dek! Jaga IPK-mu di atas tiga, ikut kompetisi (atau mengerjakan proyek), ikut organisasi, dan coba melamar beasiswa. Lumayan buat uang jajan dan meringankan beban bulanan orang tua. *ini juga berlaku buat yang berasal dari keluarga mampu ya ;)*

Menjaga IPK di atas tiga gampang lah ya. Cukup belajar, kerjakan tugas, dan sukses di UTS dan UAS. Di tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana menjaga IPK di atas tiga, tapi saya akan membahas KK (Kelompok Keahlian) apa yang tersedia di Teknik Informatika.

Ngomong-ngomong soal kompetisi, ada banyak lho kompetisi di bidang Informatika di Indonesia dan luar sana. Ada GemasTIK, Imagine Cup, PIMNAS, lomba dari Intel, dan banyaaakk lagi. Atau bisa juga mengerjakan beberapa proyek lepas (freelance) dari teman/client. Disini saya akan membahas manfaat apa saja yang diperoleh dari lomba, dan nanti kita akan berkenalan dengan istilah hard skill.

Ikut organisasi, atau ikut panitia juga bisa. Kalau di atas kita kenal istilah hard skill, disini kita akan berkenalan dengan istilah soft skill. Melatih soft skill itu penting sekali ya, Dek. Kamu nanti bisa ga lolos tahap wawancara dengan orang divisi Human Resources saat interview di perusahaan, atau sulit sukses di bisnis. Nanti juga akan dibahas kenapa kita mesti mengasah skill ini lebih dalam.

Apa saja Kelompok Keahlian (KK) yang ada di Teknik Informatika?

Di universitas/institut lain istilahnya bisa saja berbeda. Di kampus saya, terdapat 3 KK yang bisa dipilih untuk didalami, yaitu KK SIDE (Software Engineering, Information System and Data Engineering), ICM (Intelligence Computer Machine), dan Telematika (seputar jaringan, forensik, dan kriptografi). Dari ketiga KK ini, perlu diperhatikan bahwa mahasiswa IF tidak perlu jago programming. Tapi, mahasiswa IF yang tidak bisa programming itu memalukan *gwbanget :v

Seperlu apakah ikut kompetisi ICT saat kuliah?

Kamu bisa punya beragam alasan ikut kompetisi ICT. Selama proses kompetisi kamu bisa melatih kerjasama dalam tim, melatih hard skill, memperluas jaringan, dan melatih kemauan dan jiwa untuk berkompetisi secara umum. Di dunia kerja, aspek-aspek ini sangatlah dibutuhkan. Menganalisis masalah yang ada di dunia nyata, kemudian mencari solusinya. Di kuliah, kamu hanya akan mendapat bagaimana menyelesaikan masalah dari sebuah textbook yang dimana solusi/jawabannya sudah disediakan. Jadi, latihlah dirimu mulai dari sekarang. Sebelum mulai ketemu dengan yang nama nya Tugas Akhir ;)


Saya pengen ikut organisasi saat kuliah, tapi banyak tugas. Gimana, kak?

Kakak kelas saya ada lho yang lulus S-1 nya 3,5 tahun, IPK nyaris cumlaude, di organisasi pun sempat menjabat sebagai ketua umum. Artinya, ga ada yang ga mungkin kan? Kamu cuma butuh manajemen waktu yang baik, dan sedikit mengorbankan waktumu dari hal yang sia-sia. Refreshing masih bisa disempatkan dengan waktu yang secukupnya. Tips dari saya, bagi yang muslim, coba rutinkan tahajud dan solat subuh berjamaah setiap hari. Kamu akan mempunyai cukup tambahan waktu untuk memulai harimu setelah subuh ;)

Tips untuk mengarungi masa perkuliahan selama kuliah, ada?

Dunia IT sangat luas, dan mengingat IF adalah jurusan yang masih tergolong muda, mahasiswa Teknik Informatika harus selalu update dengan berita IT terbaru. Karena teknologi berkembang dengan sangat cepat, kamu ga mau kan kalau hari ini kamu jago di bidang A, tapi ternyata setelah lulus keahlianmu itu ternyata sudah obsolete (usang). Teruslah belajar!

Dan akhirnya…

Kamu lah yang menentukan hidupmu sendiri. Di usiamu yang muda ini, manfaatkanlah sebaik mungkin. Apabila hari ini adik-adik menabur benih yang baik, di usia senja nanti kalian akan tinggal memetik hasilnya. Good luck!

Tuhan...tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini. Amiiinn...